Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 577077
Pengunjung : 84722
Hari ini : 30
Hits hari ini : 71
Member Online : 312
IP : 54.81.163.254
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

tehyani    
Galeri Photo Terbaru
Agenda
26 October 2014
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

ADA YANG BARU

Tanggal : 06/08/2013, 17:41:20, dibaca 945 kali.

SMK Negeri 9 Bandung adalah SMK Kelompok Seni, Kerajinan dan Pariwisata yang terus berkembang mengikuti tuntutan dan kebutuhan dunia industri, sampai dengan tahun 2012 SMK Negeri 9 Bandung memiliki 7 kompetensi keahlian, yaitu : (1) Usaha Perjalanan Wisata (UPW), (2) Akomodasi Perhotelan (AP), (3) Jasa Boga (JB), (3) Patiseri, (4) Kecantikan Kulit (KC1), (5) Kecantikan Rambut (KC2), dan (7) Busana Butik (BS).


Ada yang BARU di SMK Negeri 9 Bandung, hal ini seiring dengan perkembangan teknologi dan peluang kerja di bidang industri kreatif maka SMK Negeri 9 Bandung secara resmi membuka Jurusan atau Kompetensi Keahlian Baru yaitu DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, sehingga pada program kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2013/2014 ini SMK Negeri 9 Bandung membuka 8 pilihan Kompetensi Keahlian yang dapat mengakomodir minat dan bakat calon siswa baru serta dapat menjawab tantangan kebutuhan dunia industri dalam mencetak SDM tenaga menengah yang profesional di bidang pariwisata dan seni rupa (desain).




 Apa itu Desain Komunikasi Visual??


 Berikut ini DEFINISI Desain Komunikasi Visual


          Istilah DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, terdiri kata desain, komunikasi, dan visual. Kata DESAIN berasal dari bahasa Perancis “desiner” yang berarti menggambar, merancang, menciptakan bentuk pola dua maupun tiga dimensi. Adapun, KOMUNIKASI (Latin: Communis) yang artinya memberitahukan, yaitu memberikan dan menyebarkan informasi, berita, pesan, ide-ide. Sedangkan, VISUAL merupakan bentuk nyata, yang bisa dilihat dan bisa didengar. Ketiga pengertian keilmuan di atas dalam desain komunikasi visual adalah keterampilan dalam menciptakan media informasi yang bersifat statis dan dinamis.


          Desain komunikasi visual dalam pengertian yang luas adalah berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan media dua dimensi maupun tiga dimensi, baik statis maupun dinamis, seperti produk percetakan, televisi, film, animasi, dan internet. Tujuan utama desain komunikasi visual, adalah menciptakan atau perencanaan media yang bersifat informatif, komunikatif dan estetik, serta persuasif karena dilengkapi dengan unsur psikologi massa dan teori pemasaran.


 


LATAR BELAKANG Desain Komunikasi Visual ( DKV ) SMKN 9 Bandung


Ada beberapa hal dan pertimbangan yang melatar belakangi lahirnya kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 9 Bandung, yaitu:



  1. Peluang kerja dan usaha di bidang industri kreatif untuk Desain Komunikasi Visual di Kota Bandung sangat terbuka, karena Bandung adalah salah satu kota berkembang yang lokasinya cukup dekat dengan ibu kota negara dan menjadi salah satu lokasi alternatif investasi bagi para pengusaha sehingga Bandung menjadi tempat yang sangat subur untuk tumbuhnya industri dan bisnis di berbagai bidang yang kesemuanya itu membutuhkan iklan, promosi, pulblikasi, pencitraan perusahaan dll.

  2. Memaksimalkan potensi SDM Desain Komunikasi Visual yang sudah ada.

  3. Mengembangkan potensi sekolah dan bersinergi dengan kompetensi keahlian yang sudah ada dengan memberikan sentuhan seni, desain dan estetika, Misalnya : Desain corporate identity (logo, kartu nama, map, leaflet, kalender, sticker, tas), banner, spanduk, billboard, foto dan video dokumentasi dan promosi sekolah, Desain packaging (kemasan) untuk melengkapi kebutuhan kemasan produk roti dan kue dari Patiseri, fashion dari Busana Butik dan produk-produk darI Unit Produksi lainnya. Desain logo kompetensi keahlian, leaflet, katalog, menu, banner diarahkan untuk melengkapi kebutuhan promosi kompetensi keahlian, dan Foto Produk untuk hasil KBM produktif dari Jasa Boga, Patiseri, Kecantikan dan Busana Butik, dll.

  4. Peluang kerja sebagai tenaga menengah sangat terbuka lebar, karena masih jarang SMK di Jawa Barat yang membuka kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual. Dari 27 kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat hanya ada beberapa SMK saja yang membuka kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual.

  5. Peluang untuk berwira usaha sangat terbuka lebar, karena untuk memulai usaha mandiri tidak memerlukan peralatan yang berat dan modal besar, dengan keterampilan menggambar sudah bias menjadi seorang illustrator freelance untuk penerbit buku / surat kabar, atau dengan satu unit komputer sudah bisa berwira usaha sebagai desainer grafis freelance, atau juga dengan satu unit kamera DSLR / Video sudah bias bekerja sebagai fotografer / Videografer wedding / freelance surat kabar / majalah / TV lokal, dll.

  6. Peluang untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan tinggi sangat terbuka lebar karena banyak perguruan tinggi di Kota Bandung yang membuka jurusan tersebut misalnya di ITB, (Seni Rupa) UPI, STSI, STISI Telkom, ITENAS, Maranatha, Universitas Pasundan, UNIKOM, STDI, Universitas Widyatama, Telkom PDC, dll.


 KOMPETENSI KEJURUAN Desain Komunikasi Visual ( DKV )


Gambar Ilustrasi, Desain Grafis (DKV) Media Indoor dan Outdoor, Fotografi dan Videografi






VISI Desain Komunikasi Visual ( DKV ) SMKN 9 Bandung


        Menjadi Kompetensi Keahlian di Bidang Desain Komunikasi Visual yang mampu menciptakan lulusan profesional.


 MISI Desain Komunikasi Visual ( DKV ) SMKN 9 Bandung


          Mempersiapkan lulusan yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, dan memiliki wawasan global berbasis budaya lokal serta dilandasi iman dan taqwa.





TUJUAN Desain Komunikasi Visual ( DKV ) SMKN 9 Bandung


Tujuan kompetensi keahlian desain komunikasi visual adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut :



  1. Menggambar atau merancang produk media desain komunikasi visual komersial maupun sosial.

  2. Membuat produk media desain komunikasi visual sesuai urutan dan keselamatan kerja tiap kompetensi

  3. Melaksanakan quality control disetiap tahap proses produk media desain komunikasi visual

  4. Persaingan pasar kerja di dunia usaha dan dunia industri sesuai kompetensi yang dimiliki

  5. Mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa di bidang desain komunikasi visual yang berbasiskan kearifan lokal / budaya daerah.



 


 info DKV SMKN 9 Bandung


 http//www.dkv.smkn9bandung.blogspot.com


 


 


 


 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas