Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 853504
Pengunjung : 118006
Hari ini : 127
Hits hari ini : 390
Member Online : 312
IP : 54.81.2.75
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

tehyani    
Galeri Photo Terbaru
Agenda
02 April 2015
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

 

 


 
 


DEFINISI

DESAIN KOMUNIASI VISUAL

Istilah Desain Komunikasi Visual, terdiri kata desain, komunikasi, dan visual. Kata desain berasal dari bahasa Perancis “desiner” yang berarti menggambar, merancang, menciptakan bentuk pola dua maupun tiga dimensi. Adapun, komunikasi (Latin: Communis) yang artinya memberitahukan, yaitu memberikan dan menyebarkan informasi, berita, pesan, ide-ide. Sedangkan, visual merupakan bentuk nyata, yang bisa dilihat dan bisa didengar. Ketiga pengertian keilmuan di atas dalam desain komunikasi visual adalah keterampilan dalam menciptakan media informasi yang bersifat statis dan dinamis.

         Desain komunikasi visual dalam pengertian yang luas adalah berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan media dua dimensi maupun tiga dimensi, baik statis maupun dinamis, seperti produk percetakan, televisi, film, animasi, dan internet. Tujuan utama desain komunikasi visual, adalah menciptakan atau perencanaan media yang bersifat informatif, komunikatif dan estetik, serta persuasif karena dilengkapi dengan unsur psikologi massa dan teori pemasaran.


 
 


 

 
 

VISI

DKV SMKN 9 BANDUNG

Menjadi Kompetensi Keahlian di Bidang Desain Komunikasi Visual yang mampu menciptakan lulusan profesional.

 

MISI

DKV SMKN 9 BANDUNG

Mempersiapkan lulusan yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, dan memiliki wawasan global berbasis budaya lokal serta dilandasi iman dan taqwa.

 

TUJUAN

DKV SMKN 9 BANDUNG


Tujuan kompetensi keahlian desain komunikasi visual adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut :


1. Menggambar atau merancang produk media desain komunikasi visual komersial maupun sosial.

2. Membuat produk media desain komunikasi visual sesuai urutan dan keselamatan kerja tiap kompetensi.

3. Melaksanakan quality control disetiap tahap proses produk media desain komunikasi visual.

4. Persaingan pasar kerja di dunia usaha dan dunia industri sesuai kompetensi yang dimiliki.

5. Mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa di bidang desain komunikasi visual yang berbasiskan kearifan  lokal/budaya daerah.

 MOTO

DKV SMKN 9 BANDUNG

"Berkarya dengan Rasa, Berkreasi Sepenuh Hati"


Deskripsi MOTO

Menciptakan karya DKV yang didasari oleh pendapat/pertimbangan seni dan keindahan,

Menghasilkan karya DKV sebagai hasil buah pikiran yang dilakukan dengan sungguh-sungguh (totalitas).


 
 


 
 

 

 
 

LATAR BELAKANG

DKV SMKN 9 BANDUNG


Lahirnya Paket keahlian Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 9 Bandung di latar belakangi oleh dorongan 2 faktor yaitu :


 A.   Faktor Internal

1. Ketersediaan SDM Desain Komunikasi Visual yang sudah PNS dan memiliki latar belakang sebagai praktisi di bidang desain grafis, ilustrasi, fotografi & videografi.

2. Kebutuhan media promosi sekolah (desain brosur, poster, spanduk, baliho, konten grafis website, video promosi dll.)

Kebutuhan dokumentasi sekolah (fas foto siswa kelas X & kelas XII, foto & video dokumentasi event & program-program sekolah)

3. Ketersediaan potensi sarana di sekolah (lab komputer, kamera DSLR, dll)


4. Peluang kolaborasi dalam pembelajaran terpadu dengan paket keahlian yang sudah ada misalnya : Desain Brosur & Katalog produk dengan semua paket keahlian, Foto Model dengan Paket Keahlian Kecantikan, Foto Produk dengan Paket Keahlian Jasa Boga & Patiseri.


5. Kebutuhan media penunjang peningkatan kualitas & pengembangan produk paket keahlian yang sudah ada, misalnya : Desain Packaging (kemasan) untuk produk Paket Keahlian Jasa Boga & Patiseri, Desain Katalog Produk untuk Paket Keahlian Jasa Boga, Patiseri, Kecantikan, & Tata Busana, Desain Logo, Brosur & Kalender untuk profil & produk semua paket keahlian, dan Video pembelajaran/video tutorial untuk semua paket keahlian.

 

B.   Faktor Eksternal

1. Peluang kerja bagi lulusan Desain Komunikasi Visual di tingkat SMK sangat besar karena masih jarang SMK di Jawa Barat yang membuka paket keahlian Desain Komunikasi Visual, hal ini dapat di lihat dari data di 27 kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat hanya ada beberapa SMK saja yang membuka paket keahlian Desain Komunikasi Visual yaitu: SMKN 14 Kota Bandung (SMSR), SMK Bakti Nusantara 666 Kab. Bandung, SMKN 9 Kota Bekasi, dan SMKN 3 Kota Tasikmalaya.

2. Peluang untuk membuka usaha (wirausaha) bagi lulusan Desain Komunikasi Visual di tingkat SMK sangat besar karena tidak memerlukan modal yang besar atau tempat yang luas, karena industri DKV adalah industri kreatif dimana produk yang dihasilkan adalah kekuatan ide/konsep, kreatifitas & keterampilan. Contoh bidang usaha yang dapat dikembangkan oleh lulusan DKV SMK adalah :


3. Peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bagi lulusan Desain Komunikasi Visual SMK sangat terbuka lebar karena banyak perguruan tinggi di Kota Bandung yang membuka jurusan tersebut, misalnya :Jasa gamar ilustrasi sebagai ilustrator (freelancer) untuk penerbit buku, koran, Jasa Desain, sebagai Desainer & Layouter (freelancer) untuk penerbit buku, majalah, koran, Jasa film/video editor (freelancer) untuk TV lokal, Digital printing & percetakan (Brosur, Poster, Kalender, Kartu undangan, Spanduk, Baliho, Sticker, Jasa Foto Prewedding, Wedding, Event, Seminar, Reuni, Jasa Video shooting Prewedding, Wedding, Event, Seminar, Reuni, Sablon Sticker, T-Shirt, Spanduk, dll.


4. Peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bagi lulusan Desain Komunikasi Visual SMK sangat terbuka lebar karena banyak perguruan tinggi di Kota Bandung yang membuka jurusan tersebut, misalnya : DKV ITB (Institut Teknologi Bandung) prog. S1 dan S2, DKV (Seni Rupa) UPI (Universitas pendidikan Indonesia) prog. S1 dan S2, DKV STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) prog. D3 dan S1, DKV STISI Telkom (Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain) prog. S1, DKV ITENAS (Institut Teknologi Naasional) prog. S1, DKV Universitas Maranatha prog. S1, DKV Universitas Pasundan prog. S1, DKV UNIKOM prog. S1, DKV STDI (Sekolah Tinggi Desain Indonesia) prog. S1, DKV Universitas Widyatama prog. D4, Telkom PDC (Professional Development Center) prog. D2, dll.
 

 

Lihat Lebih Dekat DKV SMKN 9 Bandung, Silahkan...

Klik Link :

Klik Link Web Blog & FB :

 

Klik Link Video :

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) SMKN 9 BANDUNG

Jl. Soekarno-Hatta KM.10 Bandung Jawa Barat Indonesia
Telp.022-7332063/7315810 (Hunting)
FAX. 022-7332063
 

E-Mail : dkv.smkn9bdg@gmail.com

 Contact Person : 081321878688

 

Bagi Perusahaan/Industri yang memerlukan tenaga siswa untuk program 
Praktek Kerja Industri (Prakerin), SDM lulusan Desain Komunikasi Visual SMK 
(dengan kompetensi Gambar Ilustrasi, Komputer Grafis, Fotografi, Videografi),

dan Perguruan Tinggi yang ingin mengadakan kerjasama dengan kami,
Silahkan hubgungi nomor/alamat kontak kami di atas

 --- Terima Kasih ---